Rabu, 06 Februari 2013

Contoh Laporan Perjalanan Ke Bali


MOTTO



• KEJUJURAN ADALAH KUNCI KESUKSESAN
• BANGSA YANG BAIK ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI BUDAYA SENDIRI
• WARNAILAH HIDUP INI DENGAN “KEJUJURAN”
• AKU BISA KARENA BIASA
• BE THE BEST AND NOT FEEL THE BEST
• BELAJARLAH SELAGI KAU BISA
• TAK ADA GADING YANG TAK RETAK
• NO THING IS IMPOSIBLE
• MENGHARGAI BUDAYA SENDIRI MERUPAKAN CERMIN MASYARAKAT YANG BERJIWA PANCASILA
• DIMANA ADA KEMAUAN PASTI ADA JALAN
• WARNAILAH HIDUPMU DENGAN KEJUJURAN































HALAMAN PERSEMBAHAN



Karya Tulis ini kami susun tidak hanya untuk memenuhi tugas membuat laporan SMP Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2011 / 2012, tetapi juga sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta lebih mencintai keindahan alam Negara kita diantaranya Pulau Bali.

     Maka kami ucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak Sri Hartono. selaku kepala sekolah SMP Negeri 2 Pati yang telah memberikan kesempatan      kepada kami untuk mengikuti kegiatan karya wisata di Pulau Bali.
2. Bapak/ibu guru kami yang telah mendampingi selama kegiatan karya wisata ini.
3. Bapak Selamet. selaku guru Bahasa Indonesia kami yang telah memberikan pengarahan dalam penyusunan karya tulis ini.
4. Bapak dan Ibu Guru pembimbing yang telah menjaga, mendampingi, dan memotifasi kami selama perjalanan karya wisata ke Pulau Dewata.
5. Bapak Ibu Guru pengajar SMP Negeri 2 Pati yang telah mendidik kami sejak kelas 1 hingga sekarang.
6. Teman-temanku kelas VIII SMP Negeri 2 Pati khususnya kelas VIII F
7. Semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan karya tulis ini sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan dengan baik.

Kami berharap dengan selesainya Karya Tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semoga karya tulis ini dapat menjadi panduan untuk kalian kelak.


















KATA PENGANTAR

Puja dan Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah, melimpahkan nikmat, rahmad dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan karya wisata ini yang berjudul “ KARYA WISATA KE PULAU DEWATA”tanpa halangan apapun yang berarti.
Program kerya wisata ini adalah program sekolah Yang harus diikuti semua siswa SMP NEGERI 2 PATI. Adapun maksud dan tujuan penulisan ini adalah memberikan wawasan obyek-obyek wisata di pulau bali. Sedangkan tujuan penulisan ini diharapkan siswa mempunyai keterampilan menulis khusus nya menulis karya ilmiah yaitu menulis laporan perjalanan karya wisata ke Pulau Bali.
Dalam penyusunan laporan karya wisata ini kmi menyadari banyak pihak yang membantu oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenan kan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu secara langsung meupun tak langsung. Ucapan terima kasih ini khusus nya kami sampaikan kepada :

1. Bapak Sri Harton selaku kepala sekolah SMP Negeri 2 Pati yang telah memberikan  kesempatan      kepada kami untuk mengikuti kegiatan karya wisata di Pulau Bali.
2. Bapak Selamet selaku guru Bahasa Indonesia kami yang telah memberikan pengarahan dalam penyusunan karya tulis ini.
3. Seluruh Bapak, Ibu guru pengajar yang telah membantu dan membimbing kami dalam penyelesian tugas karya tulis ini.
4. Dan semua kawan – kawan yang telah membantu dan mendukung kami dalam penyelesaian tugas karya tulis ini.

                 Kami menyadari dengan sepenuh hati bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan. Oleh, karena itu, saran dan berbagai kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan guna untuk menyempurnakan karya tulis kami.
                Harapan kami semoga hasil dari karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penyusun pada khususnya.

Pati,   Maret 2012

Penyusun










DAFTAR ISI


1. Halaman Judul.........................................................................................................................i
2. Halaman Motto.......................................................................................................................1
3. Halaman Persembahan...........................................................................................................2
4. kata pengantar.........................................................................................................................3
5. Daftar isi.................................................................................................................................4
6. BAB I
    A. Latar Belakang...................................................................................................................5
    B. Perjalanan Karya Wisata....................................................................................................5
    C. Teknik Pengumpulan Data................................................................................................5
    D. Tujuan Penulisan...............................................................................................................6
7. BAB II
    A. Pembahasan.......................................................................................................................6
8. BAB III
    A. Kesimpulan........................................................................................................................8
    B. Kritik dan Saran.................................................................................................................8













BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata di negara kita terutama peninggalan – peninggalan sejarah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi salah satu alasan diadakan karya wisata. Karya wisata merupakan suatu kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh sekolah kami. Karya wisata tahun ini mengambil objek – objek karya wisata di Pulau Bali karena di sana banyak terdapat tempat – tempat wisata yang tersohor atau terkenal di Dunia.
Kaitanya dengan karya wisata, kami ditugasi untuk membuat laporan dalam bentuk Karya Tulis mengenai salah satu objek – objek wisata yang kami kunjungi di Pulau Bali. Dalam menyusun laporan tersebut, kami memerlukan data – data yang akurat. Dalam pencarian data – data yang akurat tersebut kami mengalami suka dan duka.

SUKA DUKA PENULIS
Suka Cita Kami antara lain :
 Merasa puas dan senang dapat menyaksikan dengan mata kepala sendiri objek – objek wisata di Pulau Bali.
 Kita dapat bertemu dan berfoto bersama dengan turis dari berbagai Negara.
 Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai seluk beluk Pulau Bali.
 Kita dapat menikmati keindahan Pulau Bali yang disebut banyak orang sebagai “Surga Dunia”.

Duka Cita Kami antara lain :
 Keterbatasan buku – buku tentang sejarah Pulau Bali.
 Perjalanan yang memakan waktu lama, membuat badan kami terasa letih.
 Waktu mengerjakan laporan saya susah karena waktu yang diberikan sedikit.

B. PERJALAN KARYA WISATA
Dalam berkarya wisata kami mengunjungi beberapa objek karya wisata antara lain :
1. TANAH LOT
2. TANJUNG BENOA
3. PANTAI KUTA
4. TARI BARONG
5. PABRIK KAOS “Joger”
6. PASAR SUKAWATI
7. SANGEH
8. DANAU BEDUGUL
9. GARUDA WISNU KENCANA
10. PANTAI DREAMLAND
11. PUSAT OLEH OLEH KHAS BALI

Sebelumnya semua dibagi atas 4 bis yang beranggotak 50 orang/bis. Setiap orang diharuskan membuat sebuah karya tulis.


C. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Dalam penyusunan karya tulis ini teknik pengumpulan data yang kami gunakan adalah sebagai berikut :
1. Teknik pengamatan
Dalam observasi di Pulau Bali, kami melakukan pengamatan dengan cara mengamati bagian – bagian atau tempat – tempat yang ada di sana serta melakukan pemotretan ( Pengambilan gambar ).

2. Studi Pustaka
Dalam pengumpulan data kami menggunakan cara kepustakaan, yaitu dengan mencari data dari majalah – majalah perpustakaan buku panduan tentang Pulau Bali, buku – buku lainnya yang berkaitan dengan penyusunan karya tulis dan juga dari Internet.


D. TUJUAN PENULISAN

i. Tujuan Umum
1. Untuk memperluas wawasan mengenai sejarah dan budaya tempat – tempat wisata di Pulau Bali.
2. Sebagai latihan untuk memperlancar sastra dan bahasa.
3. Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan.
4. Menanamkan rasa Cinta Tanah Air.
5. Mengenal kebudayaan Nusantara.
6. Untuk berlatih menyusun Karya Tulis secara Sistematis.
7. Melatih kemandirian

ii. Tujuan Khusus
Sebagai tugas karya wisata

BAB II
PEMBAHASAN

A. PERJALANAN KARYA WISATA
               
Pada tanggal 8 – 12 Maret 2012 telah dilaksanakan Widya Wisata ( Study Tour) SMP NEGERI 2 PATI. Lokasi yang dikunjung adalah Pulau Dewata ( Bali). Kegiatan yang kami lakukan dapat di kemukakan berikut ini.

Hari Pertama, Berangkat (8 Mater 2012 )
                Pembukaan dimulai dengan doa bersama di dalam bis yang dipimpin oleh TL (Tour Leader ). Selanjutnya kami pun mulai melakukan perjalanan menuju Bali. Kami Meninggalkan Pati pada pukul 10.00 WIB. Di perjalanan kami disuguhkan oleh pemandangan laut yang sangat indah, di daerah Juana dan Tuban.
                Seampainya di perbatasan Jawa tengah – Jawa Timur,tepatnya di daerah Tuban kami beristirahat sejenak di RM. Wahyu Utama. Disana kami dipersilahkan untuk makan siang dan salat. Setelah selesai makan dan salat, kami  melanjutkan perjalanan menuju ke rute berikutnya .
                Di sore hari kami pun berhenti di RM. Surabaya untuk makan malam, cuci muka dan salat. Lalu kami melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan.

Hari kedua, hari pertama di Bali ( 9 Maret 2012 )
                Dan akhirnya kami pun sampai di Pelabuhan Ketapang pada pukul 00.50 WIB. Setelah aku pun sudah melihat gemerlap lampu kapal laut.  Pada pukul 03.00 WITA kami sampai di Pelabuhan Gilimanuk dengan kapal KMP Gilimanuk I Jakarta.
Setelah rombongan SMP NEGERI 2 PATI kembali di bisnya masing – masing perjalanan di lanjutkan menuju SOKA INDAH Restauran dan Tempat Rekrkeasi. Di sana kami di perbolehkan untuk bermain di pantai, mandi, salat, dan makan pagi.
Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan di Tanah LOT disana aku berfoto – foto dan diterpa ombak. Di situ ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.
Didalam perjalanan menuju Tanjung Benoa kami kedatangan gaet baru beliau berasal dari Bali. Dalam perjalanan kami diceritakan tentang seluk beluk pulau Bali. Sesampainya di tanjung benoa kami di persilahkan untuk makan, mengunjungi Pulau Penyu. Lalu rombongan SMP NEGERI 2 PATI diajak ke tempat 5 Agama disana berjajar agama – agama yang ada di Indonesia. Disitulah kami salat.
Dirute selanjutnya kami mengunjungi Dream Land. Dream Land adalah salah satu pantai yang terletak dipulau Bali. Dream Land merupakan objek yang baru saja di buka pada tehun 2011.
Diobyek terakhir hari ini adalah GWK ( Garuda Wisnu Kencana ).  Di sana terdapat parung yang belum jadi yaitu patung Dewa Wisnu dan patung Burung Garuda yang dinaiki olehnya. Patung itu merupakan patung bongkar pasang, yang salah satunya sudah jadi dan sudah dipajang di GWK yaitu adalah Tangan Dewa Wisnu, setengah badan Dewa Wisnu, dan kepala burung Garuda. Semua patung itu dibuat di Amerika dan sekarang ini sedang tersendat karena material yang kurang. Dan jika patung itu jadi lalu digabungkan maka itu akan melabihi menara Eivel yanng ada di paris, Prancis.
Lalu kami pun melanjutkan perjalanan ke hotel made bali untuk chek in dan deristirahat untuk melanjutkan perjalanan esok hari.

Hari Ketiga, hari kedua di Bali ( 10 Maret 2012 )
                Dihari kedua ini kami memulai perjalanan dari hotel menuju ke tempat pementasan tari barong. Disana selain Tari Barong ada juga tari keris. Tari Keris merupakan tari tradisional khas bali.
                Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke tempat oleh – oleh yaitu toko ”oleh – oleh khas bali” yang terletak didepan tempat pementasan tari Barong. Disana terdapat makanan dan souvenir  khas Bali.
                Lalu kami pergi ke rute selanjutnya, yaitu ke tempat makan. Setelah makan Rombongan SMP NEGERI 2 PATI pergike pasar tradisional yang terkesan sangat murah yaitu adalah Pasar Tradisional Sukawati. Disana kami berbelanja dengan harga yang bisa ditawar.
                Di kesorean harinya kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta. Karena bis tidak boleh masuk ke area pantai maka bis pun harus parkir di Central Parkir. Untuk sampai di Pantai Kuta kami harus menggunakan Komotra ( kendaraan khusus untuk sampai di pantai kuta bentuknya seperti anggutan ). Setelah puas bermain di sana kami pun pulang menggunakan komotra.
                Lalu kami kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari keempat, hari terakhir dibali ( 11 Maret 2012 )
                Di hari terakhir ini kami memuaskan perjalanan kaimi di obyek – obyek terakhir. Setelah para murid selesai berkemas – kemas Rombongan SMP NEGERI 2 PATI pun mulai check out dari hotel dan melanjutkan perjalanan ke Sangeh.
                Sangeh adalah sebuah hutan yang di keramatkan oleh penduduk setempat. Disana juga terdapat banyak sekali momyet, lebih dari 1000 monyet. Disana aku di gigit oleh seekor kera saat aku sedang mengambil foto dengan si monyet.
                Selanjutnya kami diajak menghabiskan uang di Joger . Tapi kami diaajak di TEMAN (tempat penyamaan ) Joger. Setelah puas berbelanja kami pun melanjutkan perjalanan.
                Sesampainya di Bedugul  kami diajak melihat danaunya yang menawan tetapi disana hujan maka kami memutuskan untuk makan siang. Setelah makan siang kami pun pulang ke Pulau Jawa. Kami pun sampai di Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 16.30 WITA dan sampai di Pelabuhan Ketapang pada pukul 17.00 WIB. Lalu kami melanjutkan perjalanan ke kota kami tercinta Pati.

Hari Kelima, Pulang ( 12 Maret 2012 )
                Pada pukul 03.50 kami tiba di kota kami tercinta Pati dengan selamat.
 
BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut :
1. Ternyata warga Bali sangat melestarikan wisata alamnya


B. KRITIK DAN SARAN
Akhirnya dengan rasa syukur kami ucapkan “Alhamdulillah” karena kami dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “KARYA WISATA KE PULAU DEWATA” ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan memiliki banyak kekurangan, seperti pepatah “Tiada Gading Yang Tak Retak”. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi kesempurnaan karya tulis ini. Saya ohon maaf jika ada kekeliruan kata atau tulisan. Sekian dan terima kasih.