Sunday, June 16, 2013

Sekilas Profil Tentang "Louis Pasteur"

Louis Pasteur

Louis Pasteur mungkin agak asing di telinga kita namun jika kalian ketahui, Louis Pasteur adalah penemu yang hebat, contohnya di bidang kedokteran. Louis Pasteur dilahirkan di Perancis pada 27 Desember 1822 dan meninggal di Marnes-la-Coquette, Hauts-de-Seine, Prancis, pada tanggal 28 September 1895 di umurnya yang ke-72  tahun. Sebagai ilmuan, ia berhasil menemukan cara untuk mencegah pembusukan  pada makanan hingga waktu yang relatif lama, yaitu dengan proses pemanasan yang disebut dengan pasteurisasi. Louis Pasteur memulai karirnya sebagai ahlifisika atau yang biasa disebut dengan fisikawan,di sebuah sekolah lanjutan atas, pada usianya yang telah menginjak usia 26 tahun. Pada usianya yang terbilang masih belia yaitu 26 tahun ia sudah di juluki sebagai profesor di Universitas Strasbourgh, kemudian ia pindah ke Universitas Lille.
Louis Pasteur adalah seorang ilmuwan yang banyak berjasa dibidang kedokteran, karena telah membuat lompatan-lompatan menakjubkan dalam kegiatan eksperimennya. Ia berpikir merunut balik fakta-fakta melalui percobaan-percobaan dengan daya khayal dan ketekunannya yang tinggi.
Sebagai contoh percobaannya, Pasteur membuktikan keberadaan kuman diudara. Ia mengembangkan Teknik Pasteurisasi, yaitu teknik pemanasan dengan suhu 50ºC-60ºC. Dengan teknik ini terbukti dapat membunuh mikroba-mikroba perusak buah anggur, tetapi tanpa merusak buah anggurnya. Prinsip itu juga yang diterapkan dalam proses pembuatan cuka dan industri sejenisnya. Beliau juga banyak memberikan kata-kata arif dan bijak selama hidupnya. Salah satu prisip yang dapat kita teladani diantaranya Pasteur pernah berucap “Mau tahu Rahasia yang telah menuntunku ke-keberhasilan? Kekuatanku hanyalah terletak pada keberhasilanku.”

Satu lagi keteladanan Louis Pasteur yang patut kita acungi jempol adalah ketika dalam keadaan lumpuh setengah badannya, beliau masih tekun, bergairah dan selalu bersemangat dalam melakukan setiap eksperimennya.

Khutbah Jumat Tentang Puasa Bulan Ramadhan

Memurnikan Niat Puasa   Khutbah Pertama ا لحمد لله الذي فضل أوقات رمضان على غيره من الأزمان وأنزل فيه القرآن هدى وبينات من الهدى وا...